Memilih tempat Kuliah Yang Tepat

March 18, 2015

       Assalamualaikum warah matullah hi wabara katuh. ketemu lagi dengan postingan saya lagi.
Sempat tidak ada kabar kemarin karna jadwal kuliah yang sangat padat, dengan tugas yang gak pernah telat. dan dosen yang selalu gak pernah telat. kemarenn itu kuliah 5 sesi dab. keselnya minta ampun, jadi gak sempet buat ngepost sesuatu yang baru kemaren. ya jadi nya ketinggalan 2 postingan lah. wah, sebenere saya sangat amat  sedih karna tidak bisa menyempatkan dua buah postingan yang akan memenuhi blog saya ini, ya mau gimana lagi gaes.

    mau ngomongin apa kita hari ini ? ngomongin koding ? agama ? future, culture atau hanya tulisan gak jelas ? hayo pilih mana ? inputkan jawaban mu di bawah komentar ya jangan lupa di share hahah.
sebenanya saya juga bingung mau nulis apaan ? tapi karna saya sangat tidak ada kerjaan, sangat bosen dan sangat sebel karna gak puny sinyal buat iinternetan. entah karma apa yang tuhan berikan kepada kami sehingga gak punya sinyal seperti ini. kami tinggal di sebuah kontrakan yang agak berada di sebuah desa, pinggiran kota yogya, indonesia merdeka. Sungguh aneh kan ? kota seindah ini, provider sinyalnya kurang membantu. saya di sini agak menyesalkan kepada pihak penyedia internet negri di negri ini. sudah hampir 4 kali saya ke kantor nya untuk mendaftarkan member internet,, tapi kenapa tidak bisa ? secara logika. kita ini masyarakat, dan mereka adalah pihak yang melayani masyarakat. tapi kenapa mereka tidak mau mellayani masyarakatnya dengan baik.

    Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti ini, seharusnya pihak penyedia interne dalam negri lebih mendobrak kualitas,ketimbang kuantitas.  tapi ya sudahlah. kita doakan saja, semoga apa yang menjadi mimpi awal negara ini merdeka akan tercapai suatu saat. Komplain jaringanya sudah ya, kalo ngomongin curahan hati itu gak ada habisnya.

   Kembali ke topik. postingan kali ini sebenarnya gak penting-penting amat. tapi ini menyangkut masa depan mu, dan masa depan negaramu. Judul Postingan ini adalah "Memilih tempat kuliah yang tepat"
haa itu judulnya men. keren kan ? looh kok ngomongin tempat kuliah gan ? ya karna itu adalah batu pijakan kalian semua untuk meraih masa depan. karna Mulai dari sesi ini, kalian akan mengerti apa itu arti tentang hidup. Bagaimana menghargai hidup,  pokoknya banyak yang kalian mulai dari sini. jadi jangan sia-sia kan kesempatan ketika sebelum kesempatan itu hilang, karna apa ? karna kesempatan tak akan datang dua kali di waktu yang sama.
   Ngomongin kuiah ? kenapa saya memilih topik ini. karna berhubungan dengan bulan April-Juni, adlah bulan bulanya Siswa. di bulan ini ialah bulan-bulan terakhir seorang siswa sma memuas muaskan masa sekolahnya. masa sma adalah masa yang sangat menyenangkan, kalian tau itu kan semua. pasti kalian juga pernah merasakanya. Bulan-Bulan terakhir yang bingung harus belajar, tapi juga bingung harus berfikir apa tindakan selanjutnya  yang akan diambil setelah lulus. seorang siswa, biasanya galau-galau nya disini, tapi yang saya harapkan, ketika seorang siswa yang akan membaca postingan ini, setidaknya sedikit tahu, langkah apa yang akan di ambil setelah lulus ujian nasional.
   Nah, Langsung saja, ini adalah tips dan saran versi saya tentang "memilih tempat kuliah yang tepat"  di simak ya.

1.Kenali minat mu.

    Pada Tahap ini adalah tahap yang agak sulit yang harus dipikirkan seorang siswa. tapi dari sinilah kalian mengerti apa yang kamu iniginkan. karna kalian tahu, rasa ketika menjalani apa yang kalian inginkan itu rasaanya, kayak muter-muter ke bulan sama putri mattahari hahah :D
Kenali minat mu, kenapa harus kenali minat mas ? ya kalau boleh saya sarankan. jalani apa yang menjadi keinginan.  Bagaimana Caranya ?  caranya sangat mudah, ketika kamu, melakuka sesuatu. pikirkan ? apa yang menbuat mu sangat senang menjalaninya. karna Kesenangan mu biasanya muncul ketika kamu melakukan apa yang menjadi hobimu.

2. Pikirkan dengan matang.
   
    Kenapa pada tahap ini, harus di pikirkan sangat sangat dengan matang? ya karna jawabanya cuman singkat. selagi kita masih bisa memikirkan untuk mengambil sebuah keputusan kenapa harus di abaikan ? ya kan . Jadi pikirkan dengan matang ya.

3. Bicarakan dengan Orang tua.

   no 3  ini men. yang paling susah. banyak sekali sudah contoh di negara ini. orang yang bunuh diri, ngannggur dan frustasi. Bicarakan dengan orang tuamu apa yan menjadi keinginan mu. jadi jangan sampai hanya karna Pengaruh orang tua mu, masa depan mu hancur. memang benar kalau orang tua yang membiayai kuliah mu tapi ini adalah menentukan masa depan mu. jadi bicarakan dengan baik-baik orang tua. kemana kamu harus pergi setelah lulus.

4. Survei kampus.

    Jika tahap ke tiga diatasa sudah kamu lakukan, sekarang kamu tentukan kampus mana yang kamu akan pilih. kamu bisa survei dari google. kira-kira kampus mana yang prospek nya bagus buat bidang dan minat kamu. carilah yang presentasinya lumayan bagus di daerah kamu, lalu di negara kamu. sebagai refernsi. kamu dapat memilih ITB untuk bidang tehnik. dan yang lain sebagainya. setelah Kamu mencari calon-calon kampus yang kamu akan tinggali haha. tanya ke temen sanak saudara atau siapapun tenntang gimana sih kampus itu ? enak gak ? biaya nya gimana. intinya cari referensi sebnyak mungkin di segala yang Memungkinkan.

5. Utamakan Kualitas Ketimbang kuantitas.

    Utamakan kualitas ketimbang kuantitas, maksutnya gimana ? maksutnya gini. jangan hanya memilih kampus kampus yang negri, gak selama nya kampus swasta itu jelek tidak bisa bersaing dengan kampus negri. Sudah banyak bukti di negri ini kampus swasta yang malah lebih bisa go internasional ketimbang kampus negri. selalu siapkan plan plan atau rencana rencan. pilih yang terbaik buat kamu bisa menjalani dengan happy

6. Lulusan Yang banyak di minati.

    Tips terakhir ini adalah goal kamu kuliah. yap, ini adalah tujuan akhir kuliah. carilah kampus yang lulusanya bukan hanya banyak ? tapi sudaah di akui oleh perusahaan local ataupun luar negri. seperti yang saya katakan tadi. Kualitas lebih dari kuantitas.

   Itulaah sedikit saran saya buat kalian semua yang pingin kuliah ke perguruan tinggi di negri in.
doa saya,semoga kalian menjadi manusia yang dapat meninggikan derajat diri sendiri, orang tua atupun derajat negri ini haha terlalu tinggi ya mimpinya ? mimpi harus yang tinggi men. jangan pernah takut gagal ok.

Sampai ketemu di Perguruan Negri semoga pilihan mu tepat kawan. tetap berusaha ok :D

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe