Konstruktor Dan DeStruktor

March 21, 2015

        hai hai semuanya, apa kabar ? bejumpa lagi dengan saya lagi ya. sempat kemaren ngilange entah kemana, akhirnya hari ini saya berkesempatan mengisi postingan lagi. terimakasihmm dan maha sukur puji kepada allah swt yang telah memberikan saya kekuatan untuk berbagi kepada teman teman semua.di setiap kesempatan, kita sebagai manusia hendaknya bersukur kepada allah swt entah apa karunia yang iya berikan kepada kita. sebagai umat nya suatu kewajiban bagi kita untuk bersukur. iya gak bro ? harus

     Hari ini saya akan membuat sebuah postingan tentang sebuah konstruktor dan destruktor.
apakah kalian tau apa itu konstruktor dan destruktor ?
Kostruktor dan desktuktor adalah bagian dari pmrograman beroeientasi objek. dimasa lalu gaes, waktu jaman penjajahan muncul seorang programer. ketika itu, programer menulis kode program yang dimanipulasi datanya, data dan kode yang memanipulasinya di perlukan sebagai dua item yang berbeda gaes. Tapi sebaliknya, Pemrograman berorientasi obyek memperlkaukan data dan obyek sebagai suatu entitas, yang di sebut gaes sebagai class. kalian tahu kan, apa itu class ? kalau kalian sering membuat program pasti tau apa itu class. Lah Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah informasi tentang mengembangkan contoh class dan penggunaanya.

    setelah class di berikan dan contoh contoh yang ada, saya berharap para pembaca setia blog saya mengerti dan dapat memmbangun program program berorientasi objek yang lebih kompleks lagi.
Dalam konsep Program berorientasi objek ini gaes. kita akan menjumpai beberapa istilah. salah sayu nya adalah istilah Konstruktor dan Destruktor istilah tersebut akan saya coba jelaskan, tapi sebelum saya menjelaskan apa itu Konstruktor dan destruktor, alangkah baik nya saya menjelaskan dahulu apa itu class, Class adalah sebuah kelas.hahah becanda men. class itu adalah bagian dari perngkat lunak, yang id gunakan untuk meng emulasi obyek pada dunia nyata. Suatu objek real atau (obyek real word) dapat di definisikan dengan memperhatikan atribut dan actionya.

     Kalo kalian masih bingung, sebagai contoh gini lo. Seekor kucing dapat memiliki beberapa action yaitu tidur, makan, mengeong dan lain sebagainya, tapi kucing juga mempunyai sebuah atribut seperti umur, beratm dan warna. Perbedaan class dan obyek kadang membingungkan calon programer programep pemula sepperti kalian kalian ini hahah.
Tapi saya akan sedikit memberikan Perbedaan antara class dan objek. Class Adalah user defined data Type atau tipe data yang sudah terdefinisi yang di buat oleh user. yang mengenkapsulasi data dan action yang bisa di lakukan dalam pada data-data tersbut. Tak kasih contohnya lagi ni. Sebuah class "mobil", bisa berisi data tentang tipe mobil dan action tentang kecepatan dan kelambatan. itu contoh nya, mudeng ? aku we bigung kok haha. harus mudeng dong.
Sedangkan obyek adalah instance dari suatu class. contoh lgi gini kita memiliki class mobil, kita bisa membuat sebuah instan sedan truk dan lainya.
 
     Itulah sedikit pengertian tentang class gaes, selanjutnya apa itu konstruktor dan dekonstrukto.
Konstruktor dan dekonstruktor merupakan sebuah method class yang khusus.
Suatu konstruktor di panggil ketika suatu obyek didefinisikan atau secara dinamis di alokasikan menggunakan operator new. tujuan pembuatan suatu kontruktor adalah untuk menginisialisasi data anggota atau kadang kadang untuk mengambil resource seperti memori. kaya di grup grup in gitu lo gaes.
Dekonstruktor di panggil setiap kali objek dihapus atau program yang menggunakan suatu obyek telah selesai di jalankan. tujuanya adalah membuat atau untuk membebaskana memori dari penggunaan objek objek pada saat program di jalankan.

      Definisi dari penguunaan dari konstruktor dan deekonstruktor sangatlah mudah. yang perlu kita pahami terlebih dahulu ialah aturan-atuuran konstruktor dan dekonstruktor itu sendri.
kita lihat aturan aturan konstruktor dan dekostruktor sebagai berikut.


1. konstruktor adalah sebuah method yang memiliki nama sama dengan class.
2. Dekonstruktor memiliki nama yang saa dengan class yang di wakili dengan tanda dilte atau "~"
3. KOnstruktor dan dekonstruktor tidak mengembalikan nilai.
4. KOnstruktor memiliki argumen.
5. Detruktor tidak memiliki argumen


nah itu penjelasan singkat memngenai kontrukstor dan dekonstruktornya gaes. Untuk Postingan selajutnya saya akan memberikan sebuah contoh program nya ya . kali ini saya hanya bisa memberi definisi nya saja, terimakasih atas kunjunganya... sampai bertemu di postingan saya berikutnya bye bye

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe