Membuat Program Enkapsulasi di java

March 19, 2015

       Selamat Isuk kanca kanca sedaya eng dunio bahagio ini. pripun kabare rek ? sehat ? kudu sehat dong. Postingan ini di buat hari juat 20-3-2015 rek. jam 7 isuk. tak kei tanggal lan jame biar pada tau kalo harri ini masih pagi. Oiya. sempat kemaren gak bisa posting satu apapun, di karenakan saya kemaren sedang sibuk jalan jalan, menyegerakan otak saya yang sedang mumet dan akhirnya saya dan teman-teman semua berpikinik ke pantai glagah di daerah kulon progo, wates, yogyakartA indonesia.

      Setelah pulang liburan, saya nyampe rumah di kontrakan sekitar jam 10 malam. eh niat nya mau posting suatu hal yang membantu kalian semua gitu. ternyata eh ternyata, sinyal nya ngadat. lemot banget, sehingga gak bisa buka blog.  jangan kan buka blog. buka facebook yang versi mobile aja gak kuat lo. Akhirya setelah saya pikir pikir, tak urungkan niat saya untuk membentuk sebuah keputusan kalau ngeblog nyabesok saja lah. kalo pagi kan sinyal nya kuat.
   
      Setelh pagi. akhirnya tulisan tulisan ini muncul ke permukaan. dengan berat hati saya bangun dari tempat tidur saya, dengan perasaan yang bercampur campur antara masih ngantuk, capek, laper dan kebelet poop. akhirnya saya bangun dan menunaikan ibadah solat subuh. ternyata, setelah solat subuh saya di berikan suatu hidayah, kekuatan dan semangat oleh allah swt untuk berembira menjalani hidup ini.

     Mengenai postingan hari ini, sebenarnya tidak ada sangut paut nya dengan Story cerita diatas. itu hanya pembukaan blog saya agar isinya itu tidak monoton. dan sedikit curhat lah hehehe. Tentang Judul. mau kasih judul apa ya postingan saya kali ini. tema nya sih gak jauh jauh dari dunia komputer dan pemrograman. niat saya membuat postingan kali ini ialah membantu para mahasiswa baru yang mendapat tugas  tentang mata kuliah pemrograman berbasis dektop. biasanya para dosen memberikan tugas ini di semeter semester awal perkuliahan. Kadang pada mata kuliah BAHASA PEMROGRAMAN 1 DAN 2. wes ya tak kasih judul nya saja, gak perlu lama lama berbasa basi. judulnya adalah ? jreng jreng jreng hahah "membuat program enkapsulasi di java"
 Haa, itu judul nya bro. sebelum saya memulai mempraktekan apa itu program enkapsulasi,  ada Baik ny saya menjelaskan singkat apa itu enkapsulasi. 

     Enkapsulasi adalah suatu pembungkus di java, pembungkus ini dimaksudkan untuk, agar menjaga suatu proses program tidak dapat di akses secara sembarangan oleh program lalin. gimana ? sudah maksut belum ? jadi begini lo. enkapsulasi itu ibarat sebuah kantong plastik yang di isi apapun. dalam suatu pemrograman kan ada yang namanya variabel to ? haa, variabel itu yang natinya akan di bungkus menjadi sebuah class di java. supaya tidak dapat di akses sembarngan oleh program lainya dengan nama variabel yang sama.
   
    Jadi gitu pengertian program enkapsulasi pada java. kalau kalian masih bingung apa itu enkapsulasi, lain kali akan saya beri postingan yang lebih rinci lagi. kalau hari ini saya fokus membahas tentang mebuat program nya saja ya.
Pertama tama kalian siapkan sebuah projek baru di netbeans, setelah itu buat sebuah jframe form 


Design sebuahh form nya seperti itu ya, Lalu ubah propertis nya form nya seperti di bawah ini ya

Komponen propetis nya seperti ini jika semua suddah terseting dengan baik. selanjutnya buat sebuah klass baru dengan nama main.java. membuat class caranya adalah klik kanan pada package pilih new lalu pilih class beri nama class nya, main. jika berhasil kalin inputkan kodingnya 
Pertama tama buat sebuah variabel private.
buat variabel dengan tipe data string , jika telah selesai  klik kanan pada layar, lalu pilih insert code cari getter dan setter lalu oK, jika kalian berhasill, tampilanya akan sperti di bawah ini


Setelah itu, kita kembali ke form yang sudah kita design tadi. masuk ke menu source. masukkan kodingnya
Kalian keik sampai diatas @suppresWarning dahulu. lalu kembali ke menu design klik dua kali pada button proses lalu masukkan koding yang seperti di koding soure line 165-169. ulangi sampai selesai.

    Dan akhirnya program enkapsulasi sudah selesai. tinggal save dan run. gimana ? mudah kan selamat mencoba. kalua pingin download soft program nya bisa di download di bawah ini.

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe